Apa itu Hosting? Cara Kerja dan Jenisnya

web hosting wordpress

Hosting memiliki banyak definisi, namun secara sederhana, hosting adalah layanan yang menyimpan data, gambar, dan file dalam sebuah website.

Anda pasti sudah familiar dengan istilah ini, bukan? Selain itu, bagi Anda yang aktif di bidang teknologi tentunya penyimpanan merupakan hal yang sangat dipahami.

Namun, bagi yang baru pertama kali mendengar istilah apa itu hosting dan jenisnya pasti jadi penasaran, berikut dibawah penjelasannya.

Pengertian Hosting

Definisi hosting adalah layanan online yang memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan situs web atau aplikasi web di Internet. Jadi, saat Anda mendaftar untuk uji coba hosting, pada dasarnya Anda menyewakan ruang server fisik yang berguna untuk menyimpan semua data Anda.

Data ini sangat penting dan diperlukan untuk pengoperasian normal situs web. Dalam perkembangan internet hosting dan jenisnya peranannya sangat penting. Tanpa hosting, Anda tidak akan bisa membuat website yang bagus.

Layanan hosting sendiri sering disamakan dengan nama domain. Padahal, keduanya sangat berbeda meski sama pentingnya untuk website. Hosting dan domain tidak dapat dipisahkan karena saling bergantung. Namun, Anda harus mengetahui perbedaan utama antara hosting dan nama domain.

Meskipun hosting adalah layanan yang memungkinkan pengguna menyimpan data berguna untuk situs web, hosting berbeda dengan nama domain. Pasalnya, nama domain merupakan alamat website yang akan memudahkan kita untuk menemukannya di internet. Contoh domain antara lain .com, .id, .org dan masih banyak lagi.

Cara Kerja Layanan Hosting

Setelah mengetahui pengertian hosting dan perbedaannya dengan nama domain, sekarang mari kita pelajari cara kerjanya.

Saat Anda membangun situs web, yang dapat Anda pikirkan hanyalah menemukan nama domain yang menarik. Namun, sebenarnya ada hal lain yang harus dilakukan, yaitu meneliti layanan hosting.

Perusahaan hosting akan menyediakan ruang server untuk menyimpan semua konten dan data situs web. Jadi ketika seseorang menulis nama domain situs web di browser, server mengirimkan semua file yang diperlukan pengguna untuk mengakses situs web. Penggunaan akomodasi kurang lebih sama dengan saat Anda menyewa rumah.

Tentu saja, Anda harus membayar biaya sewa bulanan atau tahunan agar rumah tetap nyaman. Hal yang sama berlaku untuk menyewa layanan hosting. Saat Anda rutin membayar sewa, server akan selalu mudah diakses agar website tetap berjalan lancar dan tanpa gangguan.

Baca juga:  Pembelajaran Online UHAMKA - Apa dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Jenis-jenis Web Hosting

Saat mempertimbangkan untuk membangun sebuah website, tentunya Anda harus memahami terlebih dahulu pengertian dan pengoperasian sebuah host.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui apa itu hosting serta jenisnya yang biasanya ditawarkan oleh penyedia web hosting. Dengan begitu, Anda tidak akan salah pilih dan bisa menentukan jenis hosting yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Berikut jenis-jenis web hosting yang perlu Anda ketahui.

1. Shared Hosting

Jenis penyimpanan ini sangat populer dan paling sering digunakan. Untuk pengguna pemula, jenis hosting ini sangat direkomendasikan.

Shared hosting sebenarnya cukup bagus untuk situs baru dan tidak memiliki terlalu banyak lalu lintas. Harganya murah sehingga tidak berat di kantong. Namun, shared hosting mengharuskan Anda untuk berbagi server dengan orang lain. Sehingga ketika trafik dari website pengguna lain sedang tinggi, maka dapat mempengaruhi performa website Anda.

2. Cloud Based Hosting

Penyimpanan berbasis cloud mengacu pada teknologi penyimpanan yang relatif baru. Salah satu terobosannya memungkinkan ratusan server bekerja sama hingga terlihat seperti satu server raksasa.

Jenis hosting ini menjadi incaran banyak orang karena tidak akan mengalami downtime. Padahal, saat server crash, tidak akan mempengaruhi website Anda.

3. VPS Hosting

VPS atau Virtual Private Server adalah jenis hosting berikutnya yang perlu Anda ketahui. Akomodasi ini menjadi prioritas utama banyak pengguna karena memiliki banyak keunggulan menarik.

Salah satu keuntungannya adalah pengguna memiliki ruang server khusus. Sehingga ketika terjadi peningkatan trafik ke website lain yang masih berada di server yang sama, tidak akan mempengaruhi website Anda.

4. WordPress Hosting

Hosting WordPress adalah jenis lain dari hosting bersama dan dirancang khusus untuk pengguna situs web WordPress.

Jenis hosting ini akan memberi pengguna layanan seperti memperbarui instalasi WordPress untuk membantu melindungi situs web dari ancaman keamanan dari peretas.

Jenis ini juga cocok untuk pemula karena harganya juga cukup bersahabat. Selain itu, menggunakan WordPress juga mudah sehingga merupakan pilihan yang baik untuk pemula.

Rekomendasi Artikel

Tinggalkan Balasan