Harga emas Antam merosot, ini potensi pembeli merugi

  • Post author:
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:3 mins read
harga emas antam

Harga emas Antam merosot, ini potensi merugi pembeli sepekan yang lalu

Dikutip dari laman resmi Logam Mulia Antam, harga emas Antam di Logam Mulia turun Rp 30.000 per gram, dari sebelumnya Rp 1.056.000 per gram menjadi Rp 1.026.000 per gram.

Di lain sisi, harga buyback oleh Logam Mulia turun Rp 48.000 per gram, dari sebelumnya Rp 954.000 per gram menjadi Rp 906.000 per gram. Dengan demikian, selisih antara harga emas dan harga buyback hari ini adalah Rp 120.000 per gram.

Itu berarti harga emas hari ini lebih rendah dibanding harga sepekan lalu (5/8), yaitu Rp 1.048.000 per gram. 

Oleh sebab itu, pembeli emas sepakan lalu pasti menanggung rugi kalau dijual hari ini.
Bukan cuma rugi sebesar selisih harga jual dua tanggal itu, tapi juga akibat selisih harga jual dan harga buyback. 

Selama ini Antam menetapkan dua macam harga emas batangan produksinya: harga emas dan harga beli kembali (buyback).

Harga emas yang di atas adalah harga yang berlaku ketika kita membeli emas dari gerai Logam Mulia. Adapun harga buyback adalah harga yang berlaku ketika kita menjual emas kepada gerai Logam Mulia.

Jadi, jika pagi ini membeli emas dari Butik Emas Logam Mulia Antam maka Anda harus membayar Rp 1.026.000 per gram. Kalau karena suatu sebab tiba-tiba Anda butuh uang sangat mendesak sehingga terpaksa menjual kembali emas tersebut pada siang atau sore hari, jangan kaget emas Anda cuma dihargai Rp 906.000 per gram oleh Logam Mulia.

Siapa saja perlu mencermati dua macam harga emas tersebut kalau benar-benar serius hendak menjadi investor emas batangan. Tanpa memperhitungkan perbedaan dua harga tersebut, bisa-bisa seorang investor emas salah menghitung potensi untung dan rugi.

Baca juga:  Serial Animasi Karya UNIKOM: Super Neli

Dengan selisih harga jual dan harga beli (spread) setebal itu, emas hanya cocok untuk investasi dalam jangka panjang. 

Secara jangka panjang kita berharap harga emas naik jauh lebih tinggi sehingga mampu menutup selisih harga jual dan harga buyback, sekaligus memberikan laba.

Rekomendasi Artikel

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan pengarang HSPNN. Tidak ada aktivitas dalam pembuatan konten ini.

Tinggalkan Balasan